Senin, 09 April 2012

Let's Make Pumpkin Pie~

Have u ever taste pumpkin pie?

Yang ada dibenak saya saat pertama kali  mendengar nama ” Pumpkin pie”…
Eeeuuuw =___=

Saya benar-benar benci yang namanya labu. Ubi, saya masih suka. Tapi, untuk yang namanya labu saya tidak ingin  dan sama sekali tidak tergoda untuk mencicipinya.

Lalu mengapa saya malah men-share resep pie labu?

Karena ayah saya, sangat doyan yang namanya pie labu. Dengan paksaan dari beliau, akhirnya saya mencoba untuk membuatnya. Walaupun terpaksa.
Mulailah saya membongkar tumpukan resep-resep saya, dan dengan pertimbangan sana-sini, saya putuskan untuk memakai resep ini :D



Bahan Kulit :
150 gr  Butter/ Margarin (Pakai butter lebih harum :D )
50   gr gula halus
1 buah kuning telur
50  gr oatmeal, dihaluskan
275  gr tepung terigu



Bahan Filling :

250 gr labu kuning (kabocha/labu jepang juga boleh^^)
150 ml susu cair full cream
75  gr browm sugar/palm sugar (sebenarnya resep asli memakai 150gr palm sugar, tapi warnanya jadi cokelat gelap. Kurang enak dilihat :D, jadi saya ganti dengan gula pasir)
50  gr gula pasir
2 butir telur, dikocok rata terlebih dahulu
1/4 sdt vanilla essens

Simple isn’t it?

How to make it?

Untuk bahan kulit :
1. Dalam sebuah wadah, campurkan butter/margarin dengan gula halus, aduk menggunakan garpu atau sendok hingga rata.
2. Tambahkan kuning telur, dan aduk kembali.
3. Tambahkan havermut, dan tepung terigu dan bubuk kayu manis, aduk hingga rata sambil tetap menggunakan garpu (saya sih pakai sendok :D )
4. Setelah rata dan adonan menjadi kalis, satukan dan tekan-tekan sebentar (biasanya saya bentuk jadi bundar). Masukkan ke dalam plastik dan simpan dalam lemari pendingin kurang lebih 15 – 20 menit.
5. Setelah di dinginkan beberapa saat, pipihkan adonan menggunakan penggiling. Cetak sesuai bentuk cetakan pie atau bisa juga ambil segumpal adonan, letakkan di tengah cetakan lalu tekan-tekan hingga merata.
6. Tusuk-tusuk dasar cetakan dengan garpu, tujuannya adalah supaya tidak menggembung ketika dioven nanti :)
7. Panggang dalam oven, kira-kira 20-25 menit, sampai adonan mulai berwarna kekuningan, lalu keluarkan.

Untuk bahan filling :
1. Labu kuning dikupas dan dipotong kecil-kecil. Cuci bersih dan kukus selama 20 menit (sampai lembek)
2. Haluskan labu dengan menggunakan garpu saja (awas panas^^)
3. Diamkan sampai adonan labu menjadi dingin.
4. Tambahkan bahan lainnya, seperti susu cair, brown sugar, kuning telur, vanili esens, dan bubuk kayu manis. Aduk hingga tercampur rata. Nantinya, filling ini akan berbentuk sedikit kental, tidak terlalu cair, tidak terlalu padat :)
5. Tuang ke dalam cetakan yang masih berisi kulit pie hingga 3/4, lalu panggang kembali selama 30 menit hingga bagian atas dari adonan filling itu berwarna cokelar karamel dan sedikit mengeras.

Mudah bukan?^^

Ini foto Pumpkin Pie yang sudah jadi ^^





Pie ini akan jauh lebih enak bila dimakan dalam keadaan dingin. Jadi, biasanya setelah matang saya akan menyimpannya di dalam kulkas. Barulah setelah itu dipotong-potong dan dilahap XD

Rasanya? Yummy ^^d
Saya yang awalnya tidak suka labu malah jatuh cinta pada benda berwarna kuning bulat ini hehehe~
Ternyata rasanya tidak seburuk yang dibayangkan. Kulitnya gurih dan crunchy, dipadu dengan filling lembut nan manis XD
Makan satu potong pasti ketagihan XD
Hanya saja, karena kakak saya kurang menyukai aroma kayu manis, jadi kadang saya tidak menambahkan bubuk kayu manis. Itu tergantung selera masing-masing :)


Berminat mencoba? :D

Kurang paham? Silahkan tanya pada saya^^

1 komentar:

  1. Wah, sama. Sy jg nggak suka yang namanya labu. Soalnya sy kurang begitu suka kayu manis :)

    BalasHapus